Peran Ibu Rumah Tangga

Salah satu pertanyaan dalam soal Ilmu Pengetahuan Sosial untuk SD kelas 2  yaitu ‘ Apa peran Ibu Rumah Tangga’  dengan mantap dan tanpa rasa bersalah, jagoanku (Aksa) menjawab “MENGURUSI RUMAH TETANGGA”   ….  kedubraggggg .. (pake salto ga ya… )

Nah lo………!!!  Hadeehhh…

Peran ibu rumah tangga adalah sebuah tugas yang mulia..dan patut diletakkan di urutan pertama untuk peran wanita di bumi ini.  Mengapa tidak ..?? Coba saja kita lihat apa yang dilakukan seorang ibu sejak bangun tidur dan akan tidur.. sepertinya rutinitas yang dilakukan seorang ibu tidak pernah selesai.

Bukannya mau bela-bela diri sih…tapi kenyataan memang seperti itu adanya…

Ibu rumah tangga merupakan pendidik pertama dan utama dalam keluarga. Oleh karena itu, pendidikan sosial pada anak usia dini tidak bisa lepas dari peranan ibu rumah tangga. Ibu adalah sebagai “tiang rumah tangga” amatlah penting bagi terselenggaranya rumah tangga yang sakinah yaitu keluarga yang sehat dan bahagia, karena di atas yang mengatur, membuat rumah tangga menjadi surga bagi anggota keluarga, menjadi mitra sejajar yang saling menyayangi bagi suaminya.

Untuk mencapai ketentraman dan kebahagian dalam keluarga dibutuhkan isteri yang shaleh, yang dapat menjaga suami dan anak-anaknya, serta dapat mengatur keadaan rumah sehingga tempat rapih, menyenangkan, memikat hati seluruh anggota keluarga. sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW. yang artinya: “Surga di bawah telapak kaki ibu”, menggambarkan tanggung jawab ibu terhadap masa depan anaknya.

Begitu mulia tugas dan tanggungjawab seorang ibu.., dan sampai detik inipun aku masih selalu digayuti rasa bersalah pada buah hatiku. Karena  aku telah memaksa anandaku untuk mandiri (padahal inti karena ga ada yg momong dirumah waktu  itu) dengan menitipkan buah hatiku pada Tiara Chandra di usia 2,7 tahun. . hiks… (maafkan bunda nak.., hanya senyummu yang mampu menghapus rasa bersalah di hati bunda.. )

aksa-kb
aksa waktu masuk kelompok bermain TK Tiara Chandra – 2008
aksa-manasik
Aksa mengikuti manasik Haji di STPMD – tahun 2009
bunda
acara syawalan di kantor bunda – tahun berapa ya.. lupa.. 🙂

Lah ..terus peran si ayah dimana ya???

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *