Berikan sedikit cintamu untuk yang tidak kau sukai

Matematika….waduhhhh…(kata aksa : aku ga seneng bunda….kalo hari ini ada matematika 🙂 )..t

Tapi saat ini pelajaran tung-hitung ini jadi pelajaran utama untuk anandaku yang baru saja menginjakkan kaki di sekolah formal, tahun ini aksa masuk SD Muhammadiyah Pakel (itu lo dekat lapangan sidokabul nitikan dan bersebelahan dengan masjid Mataram).

Ingat jaman dulu, kelas 1-3 di sekolah dasar begitu menyenangkan..

tapi sekarang anak-anak diusia yang masih banyak bermain dan berinteraksi dengan lingkungan baru dipaksa harus menelan materi yang mungkin masih boleh ditunda. (maunnyaa..bunda..hihihihi). 

Untung baru semester 1 (teryata sekarang sistemnya pakai semester ya..bukan catur wulan), jadi pelajaran matematikanya masih lumayan ringan, Aksa masih lumayan bisa mengikuti.

Yang bikin gemes, itu lo..kalo nulis “d” sama “b” masih sering kebalik,  jadi nulis “madu” jadi “mabu”  🙂 . Pada saat ujian mid semester, Alhamdulillah meskipun persiapannya (belajar dirumah) harus pakai perang alias bunda bernyanyi (cerewet) dulu.

teryata hasilnya lumayan memuaskan, terutama matematika yang diperkirakan ga dapat nilai bagus. Padahal setelah lebaran, aksa makin males istirahat alias tidur siang, jadi kalo habis magrib mau belajar jadi lemes dan ngantuk. Tapi dari hasil ujian midnya..hmm..lumayan bersantai sedikit.

Materi matematika setelah mid semester, waduhhh kok mulai berat ya…, ayah selalu cari strategi untuk menjelaskan ke aksa misalnya ” aksa berenang mulai pukul 09.00, lama berenang 2 jam, pukul berapa aksa selesai berenang”  .

Terkadang harus disadari kalau sebenar semua anak punya kemampuan hanya saja mereka terkadang belum mengerti yang dimaksud apa., nah tugas membuat mereka paham dengan yang kita tanyakan itu lo.yang berat 🙁 Tapi selalu yakin, dan kemampuan itu harus kita (orangtuanya) yang membantu menggali dan mengasahnya.

Jangan membiarkan anak dalam kebingungan karena tidak mendapatkan jawaban yang memuaskan dari orang-orang disekelilingnya.  Aksa memang tidak begitu suka berhitung, tapi sepertinyauntuk urusan menggambar (bukan mewarnai gambar) hmm lumayan jago..meskipun bunda juga terkadang bingung “nih aksa gambar opo to?? 🙂 .

Tapi pada saat aksa mendeskripsikan gambarnya….ooo teryata aksa lagi bercerita tentang istana raja yang banyak sekali jendelanya hehehehe…dan putrinya ada disalah satu jendela tersebut.

Matematika boleh ga suka..tapi tetap harus belajar ya nak..,

Pesan bunda..tetaplah berikan cintamu pada sesuatu yang sangat kau benci , dan tetap berikan sedikit rasa tidak sukamu pada sesuatu yang sangat kau sayangi.

Sehingga pada saatnya nanti apa yang tidak kau sukai dan apa yang kau sukai tidak akan pernah menyakitimu..

special for my lovely son : adriel fardan dhaksa.

(selamat hari Ibu…love u mom).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *