Fakta Unik Tentang Hidung (I)

Kita memiliki hidung berlubang disebelah kiri dan kanan. Apakah fungsinya sama untuk membuang nafas??

Teryata fungsi lubang hidung tidak sama dan dapat dirasakan perbedaannya. Sebelah kanan mewakili matahari (mengeluarkan panas) dan sebelah kiri mewakili bulan (mengeluarkan dingin).

hidung

Hidung tidak saja berfungsi sebagai jalan pernafasan, tetapi juga dapat menjadikan timbulnya berbagai penyakit, tetapi sekaligus juga dapat menyembuhkan beberapa penyakit dengan teknik tertentu.

Perempuan bernafas lebih banyak dengan hidung sebelah kiri, sehingga hatinya mudah sekali dingin. Laki-laki bernafas lebih banyak dengan hidung sebelah kanan, sehingga hatinya mudah sekali marah. (yang ini kayaknya ga ngaruh jenis kelamin deh..tapi tergantung kontrol emosinya)

Hidung manusia memiliki keistimewaan karena berfungsi mendukung metabolisme tubuh secara sempurna. Namun karena statusnya sebagai organ yang tampak dimuka dan berukuran kecil, maka tak banyak yang mengetahui keistimewaan tersebut. Mari kita cari tau fakta unik tentang hidung dan apa saja komponen-komponen yang terkait dengan hidung. Ini antara lain faktanya :

  • Rambut hidung membantu mengeringkan lendir
  • Membunuh diri dengan cara menahan napas adalah tindakan yang tidak mungkin berhasil Anda lakukan (tapi jangan sekali-kali dipraktekkan ya..)
  • Bila bersin , maka semua organ tubuh Anda berhenti bekerja, termasuk organ hati.
  • Ketika bersin , udara dari mulut atau hidung dapat melampaui kecepatan 100 mil per jam (ini sudah dibuktikan lewat penelitian belum ya? )
  • Lekukan di area tengah di antara hidung dan bibir bagian atas disebut philtrum. Orang Yunani Kuno menganggap ini sebagai bagian paling misterius dari tubuh manusia.
  • Bau badan manusia memproduksi aroma bawaan yang exaltolide (laki-laki) dan copulin (perempuan). Namun budaya umat manusia telah merusak ketajaman hidung untuk terpengaruh oleh bau badan lawan jenisnya. Teknologi parfum menjadikan hidung manusia tumpul untuk mengenali exaltolide dan tak tajam lagi membaui copulin. (kira-kira aroma exaltolide dan copulin ini sejenis aroma lavender kali… sehingga nyamukpun takut mendekat J )
  • Menurut penciuman laki-laki, bau perempuan cenderung berjenis “manis” (sweet) dan “bersih” (clean) , sedangkan lelaki cenderung “busuk” (smelly) dan “masam” (sweaty) (yang namanya ga mandi laki perempuan sama aja berbau busuk n masam J )
  • Hidung manusia teryata bisa mendeteksi ancaman bahaya. Kemampuan mendeteksi ini tidak terlepas dari faktor emosi karena emosilah yang berperan besar ketika dihadapkan pada keharusan membedakan dua jenis bebauan yang sama. (maksudnya… ihh.. ga jelas..!)
  • Rongga hidung merupakan salah satu sarang berkembangbiaknya sejumlah besar kuman. Perspektif ilmu biologi juga menunjukkan hal yang sama (makanya rajin-rajin bersihin hidungnya..tuh..dah keliatan tuch upilnya hihiih..)
  • Membersihkan hidung sebanyak lima kali dalam setiap wudhu bisa menjaga kenyaman rongga hidung dari infeksi peradangan kumam (mikroba) di dalamnya yang bisa menular ke seluruh tubuh. (makanya rajin sholat ya..)
  • Pada masa setelah persalinan, di dalam rongga hidung seorang ibu terdapat ribuan kuman /basil-basil .
  • Manusia memiliki 350 reseptor penciuman yang masing-masing bereaksi hanya pada satu jenis bau-bauan. Aroma busuk maupun aroma wangi sangat mempengaruhi perasaan dan cara bersikap manusi. Oleh karena itulah manusia harus membuka hidungnya untuk mengenal lingkungan hidupnya secara lengkap (kalau lagi flu..biarpun hidung dibuka lebar-lebar sama aja tuch.. ga bisa bedain )
  • Bersin tak mungkin terjadi saat Anda tidur. Tidur juga membuat saraf di sekitar saluran hidung tertidur.
  • Meski terkadang bisa ditahan, namun bersin tak dapat dihentikan ketika sudah terjadi. Menahan bersin juga berisiko merusak gendang telinga.
  • Rekor bersin terlama Donna Griffiths dari Worcesters Inggris, tercatat sebagai orang yang mengalami bersin terlama yakni 978 hari. Selama itu, ia bisa bersin satu menit sekali. (jadi rata-rata sehari berapa kali bersin ya??, ayo coba kita hitung. diasumsikan setiap bersin butuh waktu 1 menit maka : 1 jam =60 menit, 1 hari 24 jam. Jika setiap menit bersin 1 kali dalam 1 menit maka 1 hari = 24 jam x 60 menit = 1440 menit sama dengan 1440 kali bersin / hari. Lamanya bersin 978 hari x 1440 bersin =1.408.302 . Total jumlah bersin selama 978 hari adalah 1.408.302 kali bersin (Hadehhh capek banget .. ga kebayang deh.. )
  • Kebiasaan mengupil tak terkendali mendapat perhatian khusus kalangan ilmuwan mengingat salah satu dampak bahayanya adalah kematian.
  • Beberapa mahasiswa dari sebuah universita di AS membuat penelitian tentang bersin. Mereka ingin tahu kenapa manusia bersyukur dan saling mendoakan pada saat bersin. Dari hasil penelitian, teryata pada saat bersin, jantung manusia berhenti berdetak nol koma sekian detik.

Menurut Simon Brown, penulis buku The Secrets of Face Reading, hidung manusia menentukan kepribadinnya. Simon Brown membagi hidung ke dalam bentu yaitu :

  1. Turned- up (tulang hidung panjang, lekukan jelas hampir seperti cekungan dan mencuat di ujung tulang hidung) yang menandakan optimisme dan perhatian.
  2. Roman (benjolan kecil mulai dari pertengahan tulang hidung yang mengarah ke ujung bawah hidung) yang merupakan sinyal kepribadian yang kuat , tapi tidak impulsif.
  3. Greeks (tulang hidung yang panjang, lurus dan terkesan kuat) yang menandakan kepribadian efisien dan pekerja keras
  4. Hawk (menyerupai kaitan atau paruh burung elang yang melengkung di punggung hidung) yang menunjukkan kepedulian terhadap aya yang dikatakan orang lain
  5. Snub (sama dengan hidung pesek) bertulang pendek dan tidak ada bagian yang menonjol yang menunjukkan kepribadian cerdas dan bijaksana daripada orang kebanyakan
  6. Nubia (bertulang pendek dan lebar, tapi tidak menonjol) yang menunjukkan kreatifitas dan gairah

Ayo. . mana yang pas pilihan di atas dengan hidung Anda.. , kalau saya pasti no 5 (masuk jenis snub. Sekarang bangga dikit punya hidung pesek, karena dibalik itu tersimpan kecerdasan dan kebijaksanaan … hooo..hhoo..

Disadur dari buku Sembuh dengan Menutup HIDUNG (Dominique Sheila ,Berlian Media, 2011)
Sumber gambar : http://duniahidung.blogspot.com/

One Reply to “Fakta Unik Tentang Hidung (I)”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *