Baca yuk….

“Bacalah dengan nama Tuhanmu……” surat pertama Alqur’an yang turun pada Nabi Besar Muhammad SAW. Baca dan bacalah…

Dengan membaca, kita mampu merengkuh samudra ilmu yang maha luas. Dengan membaca berapa dalam lautan ketidaktahuan akan muncul di permukaan. Baca dan bacalah… Karena salah satu hobby inilah, aku punya banyak koleksi novel.  Kesenanganku membaca novel mungkin mengalahkan keinginanku untuk mengoleksi baju, sepatu maupun tas. Padahal kodrat sejatinya seorang mahkluk bernama perempuan pasti akan dekat dengan benda-benda tersebut. Tapi buatku.., urutan teratas yang harus dibeli pada saat aku mendapat honor yang lumayan, uang arisan dadakan atau rejeki yang tidak terduga..maka buku pasti akan mendapat porsi utama untuk dibeli.

buku

Untuk beberapa novel, aku paling suka yakni novel yang bertema perempuan. Ya..aku sangat mengemari tokoh-tokoh perempuan pada setiap novel yang aku baca. Dimana perempuan-perempuan tersebut dengan gigih melakoni takdir sebagai ibu, istri, anak bahkan aku sangat terkesan dengan beberapa kisah seorang selir kaisar yang begitu berambisi untuk meraih perhatian sang kaisar. Beberapa koleksi novel yang aku miliki dengan tokoh utamanya seorang perempuan  :

1. Alazhi , Perawan Xinjiang

novel yang menceritakan masalah politik. Ia diangkat dari kisah nyata mengenai tragedi kerusuhan di Xinjiang, provinsi barat daya China yang berbau sektarianisme yang terjadi pada 28 Desember 2012 lalu.

2. Nefertiti Sang Ratu Keabadian

Nefertiti dan adik perempuannya, Mutnodjmet, dibesarkan dalam keluarga yang berkuasa, keluarga yang telah menyediakan putri-putrinya sebagai ratu untuk para firaun selama berabad-abad. Ambisius, karismatik, dan memesona, Nefertiti ditakdirkan untuk menikahi Amunhotep, firaun muda yang tidak stabil. Diharapkan bahwa kepribadiannya yang kuat akan mampu mengekang keinginan sesat si penguasa muda untuk meninggalkan dewa-dewi kuno yang disembah di Mesir.

3. Nefertari Sang Ratu Heretik

Nefertari adalah anak dari adik perempuan Ratu Nefertiti , Mutnodjmet. Ketika Nefertiti dibunuh pleh pendeta Aten, Wazir Ay (ayahnya) menjadi seorang Firaun. Akan tetapi Firaun Ay hanya berkuasa sebentar, karena Firaun Ay dan semua keluarganya tewas terbakar. Ada yang mengatakan peristiwa tersebut adalah kecelakaan, tetapi banyak juga yang mengatakan bahwa mereka sengaja dibakar oleh pendeta-pendeta Aten.

4.  Empress Orchid

Drama Cinta dan Kekuasaan Selir Muda Kaisar Hsien Feng Pada sebuah senja di Kota Terlarang, terukir kisah seorang selir muda yang di kemudian hari menjadi kaisar wanita terakhir di China dan tercatat dalam sejarah sebagai perempuan yang paling lama berkuasa di sana. Inilah epik menawan tentang Tzu Hsi yang cantik, dipanggil Anggrek, seorang gadis desa yang mencari kekuasaan lewat rayuan, pembunuhan, dan intrik-intrik politik. Ketika China terancam oleh musuh dari luar, tampaknya hanya dia yang mampu menyatukan negeri tersebut. Seorang perempuan yang berhasil bertahan dan akhirnya mendominasi… dunia laki-laki.

5. Mehrunisa

Kisah terjadi pada kesultanan Mugal. Trilogi Mehrunissa, NurJahan dan Jahannara. Jauh sebelum monumen cinta Taj Mahal dibangun, di negeri Hindustan, telah terlukis kisah cinta abadi. Adalah Mehrunnisa, gadis Persia bermata biru memukau, yang telah menawan hati Pangeran Salim.

6. Nur Jahan

Sebuah epik India dimana karna kisah ini telah meng-inspirasi salah satu 7 keajaiban dunia Taj Mahal

7.  Jahannara the Shadow of Princesss

Kisah seorang putri yang paling berpengaruh di masa pembangunan Taj Mahal, tetapi tidak banyak diketahui orang.

8. White Masai

Kisah mengharu biru perjalanan hidup dua anak manusia berbeda bangsa, ras dan agama yang tetap ingin bersama atas nama cinta. Tetapi pada akhirnya,  karna cinta juga mereka menyerah dan berpisah.

9. Sinta Obong

Kisah tentang perjuangan Dewi Sinta untuk mematahkan keraguan rakyat Ayogya yang mempengaruhi Ramawijaya itu membuat Dewi Sinta merasa perlu untuk membuktikan kesuciannya. Kemudian Dewi Sinta minta agar dirinya dibakar hidup-hidup, dan bilamana tubuhnya tidak termakan api, berarti ia tetap suci, walaupun selama 12 tahun berada di dalam kekuasaan Dasamuka.

10. Selena Putri Sang Cleopatra

Buku ini menceritakan kisah Selene, dari sudut pandangnya. Menceritakan petualangan Cleopatra Selene dan Alexander Helios di tanah Roma. Dimulai dari kisah tragis meninggalnya Mark Anthony dan Cleopatra VII. Dilanjutkan dengan perginya dua putra dan satu putri mereka ke tanah Roma. Namun sayang, si bungsu Ptolemy tak mampu bertahan, dan akhirnya ia pun meninggal.

11.  Snow Flower and the Secret Fan

12. The Lady of the Camellias

13. Tzi  Zhui

14.  Centhini : Serat Centhini., 40 malam mengintip sang pengantin.

15. Maghdalena

16. Yang Liu

Sedangkan koleksi novel yang lain yang juga aku suka meski penokohannya bukan seorang wanita diantaranya :

  1. Life of Pi (ini spesial banget kado dari sang suami, sebenarnya sudah request satu judul novel hanya saja sampai harinya novel tersebut ga ketemu juga)
  2. The Last Samurai (terkesan dengan Tom Cruise di film The Last Samurai, teryata novelnya beda banget 1800 dengan filmnya)
  3. Ramayana (kisah perjuangan Sri Rama untuk mewujudkan cinta sejatinya)
  4. Mahabharata (aku membacanya sampai 3 x untuk mengingat betul tokoh-tokoh ketika perang bratayudha berkecamuk)
  5. Ken Arok dan Ken Dedes
  6. Sang Rama Wijaya
  7. Sepertiga Malam
  8. Jangan Miringkan Sajadahmu

2 novel terakhir( Sepertiga Malam dan Jangan Miringkan Sajadahmu) aku beli pada saat bazar buku di Universitas Negeri Yogyakarta (diobral Cuma Rp. 20.000) dan kisahnya tentang kehidupan yang mungkin saja ada disekitar kita. Sehingga aku tidak begitu tuntas membacanya. Beberapa novel sudah masuk daftar untuk diburu.., semoga selalu ada honor tambahan lagi hmm.. 🙂

Beberapa koleksi novel tambahan yang aku beli merupakan karangan Tere Liye..

  1. Rembulan di Wajahmu
  2. Daun Yang Jatuh Tak pernah Membenci Angin
  3. Kau, Aku dan Sepucuk Angpau Merah
  4. Sunset untuk Rossi

Dan empat novel Tere Liye benar-benar Menguras Air Mata dan Senyuman.. (Luar Biasa).

Kalau dilihat dari judul-judul novel koleksiku, aku cenderung menyukai kisah-kisah heroik, drama dan perjuangan kaumku …perempuan sebagai tokohnya. Tidak ada alasan khusus untuk menyukai tokoh seorang wanita..perempuan.. Awalnya aku hanya menyukai kisah-kisah yang melatarbelakangi perjuangan di balik peran seorang wanita..dan banyak sekali yang dapat aku jadikan teladan..

Wanita sebagai seorang ibu dan Wanita sebagai seorang istri dan Wanita sebagai bagian dari Makhluk Sosial..

Wanita sebagai seorang pejuang untuk keluarga, rumah tangga, agama, bangsa dan negara…. Wanita dengan segala keterbatasan atas nama norma, adat dan agama… Wanita yang selalu jadi sorotan, hinaan bahkan cacian ketika melakukan satu pelanggaran yang kurang pantas di atas kewajaran dan kodratnya.

Wanita….

Makhluk yang begitu kuat dalam kelemahan mereka, kuat menanggung derita dan kuat menahan lara serta kepedihan hidup yang mendera. Para wanita dibalik sosok pejuang seorang Pria…, sosok penyemangat, sosok pendukung tapa lelah… meski terkadang TERLUPAKAN….

Mungkin, salah satu alasan itu yang membuat aku tergila-gila dengan novel dengan tokoh wanita-wanita pejuang dalam kehidupan yang biasa-biasa saja bahkan ambisi untuk mendapatkan apa yang diimpikan. Dan ketika kelelahan mendera, kebosanan dengan rutinitas pekerjaan yang tak pernah selesai, kebosanan dengan rutinitas yang tak pernah berakhir bahkan terkadang makin menumpuk… tidak ada hal lain yang lebih mengasyikkan dan menyenangkan hati kecuali berburu novel…novel dan novel… 🙂

SELAMAT HARI IBU …….

@Bersambung … (masih beberapa judul belum sempat tertuliskan)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *